Senin, 29 Oktober 2012

BETHARA GURU / MANIKMAYA

BETHARA GURU / MANIKMAYA

Berawal dari cita2 ku dimasa kecil ingin menjadi seorang Dalang Wayang Kulit tapi tidak kesampean...dan Sampai sekarang hanya bisa mengoleksi wayang kulit dan DVD Wayang Kulit Dalang2 Kondang.
Walaupun tidak jadi Dalng...setidaknya Wayang kulit ku bisa jadi teman disaat aku lelah...kecapean saat pulang kerja.
Dan ini sebagian Koleksi wayang kulit ku :


Bethara Guru Koleksi Ade Nih

Bethara Guru Koleksi Ade Nih
Wayang Bathara Guru / Manikmaya ini adalah wayang kreasi ku sendiri,wayang ini tercipta berkiblat dari wayang ukur dan wayang kulit gagrag solo.
Dari bentuknya hampir mirip dengan Bathara guru Koleksi Dalang Enthus Susmono dan Ki Dalang Kukuh Bayu Aji hanya dari Tunggangan Mahkota dan pengangon2 aku bikin Wahh...aku bikin gemerlap...karna Wayang ini adalah perlambang Ratu atau Raja para Dewa Kahyangan.
Dari penyunggingan jg aku bikin transparan dibagian Merakan dimahkota,bgian bulan sabit,gagang tombak sungu Lembu Andhini'y dan Awan.( Ide/Kreasi by Ade Nih,Penatah/Penyungging by Bpk Rohayat - Cilacap)

Bethara Guru Koleksi Ki Kukuh Bayu Aji
Dan Untuk lebih jelas siapa kah tokoh wayang ini,ini ada sebuah kutipan yg saya ambil dari WIKIPEDIA tentang Mitilogi Bethara Guru ini.

MITOLOGI :
Betara Guru (Manikmaya) diciptakan dari cahaya yang gemerlapan oleh [[Sang Hyang Tunggal]], bersamaan dengan cahaya yang berwarna kehitam-hitaman yang merupakan asal jadinya Ismaya ([[Semar]]). Oleh Hyang Tunggal, diputuskanlah bahwa Manikmaya yang berkuasa di Suryalaya, sedangkan Ismaya turun ke bumi untuk mengasuh para [[Pandawa]].

Adapun saat Batara Guru diciptakan, ia merasa paling sempurna dan tiada cacatnya. Hyang Tunggal mengetahui perasaan Manikmaya, lalu Hyang Tunggal bersabda bahwa Manikmaya akan memiliki cacad berupa lemah di kaki, belang di leher, bercaling, dan berlengan empat. Batara Guru amat menyesal mendengar perkataan Hyang Tunggal, dan sabda beliau betul-betul terjadi.

Suatu ketika Manikmaya merasa sangat dahaga, dan ia menemukan telaga. Saat meminum air telaga itu—yang tidak diketahuinya bahwa air tersebut beracun—lantas dimuntahkannya kembali, maka ia mendapat cacad belang di leher. Diperhatikannya kalau manusia ketika lahir amatlah lemah kakinya. Seketika, kakinya terkena tulah, dan menjadi lemahlah kaki kiri Manikmaya. Saat ia bertengkar dengan istrinya Dewi Uma, dikutuknya Manikmaya oleh Dewi Uma, agar ia bercaling seperti [[rakshasa|raksasa]], maka bercalinglah Manikmaya. Sewaktu Manikmaya melihat manusia yang sedang sembahyang yang bajunya menutupi tubuhnya, maka tertawalah Manikmaya karena dikiranya orang itu berlengan empat. Maka seketika berlengan empatlah Manikmaya. Hal ini adalah salah satu upaya de-Hinduisasi wayang dari budaya Jawa yang dilakukan [[Walisongo]] dalam upayanya menggunakan wayang sebagai sarana penyebaran [[Islam]] di [[Jawa]]. Contoh lain adalah penyebutan [[Drona]] menjadi Durna (nista), adanya kisah [[Yudistira]] harus menyebut kalimat [[syahadat]] sebelum masuk [[surga]], dan lain-lain.


Demikian Penjelasan dari Koleksi wayang kulit ku Bethara Guru / Manikmaya.

terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar