Rabu, 31 Oktober 2012

RADEN SRENGGINI

SRENGGINI 

Srenggini adalah salah satu wayang kulit koleksi saya dan juga favorit saya,Srenggini mungkin hanya ada di Gagrag Banyumasan,disolo dan diYogya Tokoh Srenggini malah tidak ada.
Siapakah Srenggini itu berikut ceritanya :

Srenggini
Srenggini adalah anak keempat raden Werkudara dgn ibu Rekatawati yg berwujud Kepiting putri dari Dewa Rekatatama.
 Pada suatu ketika saat Raden Bratasena berpisah dgn Dewi Urang Ayu ibu Antasena,Raden Werkudara mengeluarkan Air Kama/mani yg ia kibaskan ke pasir dipinggir pantai.

Dan ketika itu Dewi Rekatawati mencari makan tanpa sengaja meminum kama Brotoseno yang jatuh ketika bersenggama dengan Dewi Urang Ayu. Kelak kejadian ini akan melahirkan 2 ksatria yang tangguh yaitu Raden Antasena dan Raden srenggini. Raden Antasena Putra raden Brotoseno (Bima) dengan dewi Urang ayu Sedangkan Srenggini anak Brotoseno Dengan Dewi Rekatawati.


Srenggini Kreasi Hogianto
bAntasena erjalanak s tideperti layaknya manusia lain, dia berjalan dengan tangan selalu di belakang tubuh. Hal ini karena tangan Antasena sangat berat karena di tangannnya bersemayam ari-ari dan air ketubannya ( kadang papat kalima pancer) Karena itu pula dalam versi Banyumas antasena kalau berperang tidak pernah menyentuh musuhnya, tetapi hanya menggerakkan tangannya saja dan musuhnya bergerak mengikuti gerakan tangan Antasena (kaprabawan/ Di sengat setrum). Selain itu Antasena mempunyai upas ( racun) yang namanya upas Anta.

Srenggini

Sedangkan Srenggini Berjalan miring layaknya Kepiting ( Wayang Srenggini mirip antasena wajahnya tetapi tidak bergelung winangkara dan mempunyai Capit di kepalanya). Dia memiliki kekuatan yang namanya aji Totoksewu. bagaimana srenggini bertemu ayahnya dan benarkah Srenggini Anak haram? apa faktanya ? sabar ya tunggu tulisan berikutnya!!!!

sekian

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  2. Mantap cerita Raden srenggini
    Akhirnya burung murai batu saya,
    Saya kasih nama Srenggini smg nama tersebut bisa membaw murai batu (MB) saya menjadi juara. Kelas I

    BalasHapus